Ini Dampak Psikis Anak Diantar Ortu ke Sekolah di Hari Pertama



Ini Dampak Psikis Anak Diantar Ortu ke Sekolah di Hari Pertama



Rabu, 20 Juli 2016 | - 10:06:17
Share Tweet
Ini Dampak Psikis Anak Diantar Ortu ke Sekolah di Hari Pertama 



FEMINDONESIA.COM / ISTIMEWA
FEM Indonesia – Instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anis Bawedan kepada orangtua untuk mengantar anak di hari pertama sekolah disambut baik masyarakat. Karena itu banyak orangtua yang tidak menyia-nyiakan ajakan menteri ini. Lantas adakah dampak psikologis yang ditimbulkan ?



Kepada Femindonesia.com, Ketua Qurrota A’yun Psychology Consultan Dimas Cokro Pamungkas mengatakan dengan mengantar anak di hari pertama masuk sekolah akan terjalin psikis positif antara anak dan orangtua. Sehingga kedekatan pun kian menguat.



“Sangat berpengaruh. Si anak akan merasakan ikatan kasih sayang orangtua yang akan memacu tumbuh kembang. Sementara bagi orangtua siswa hal ini juga sangat positif, mengingatkan betapa pentingnya perhatian mereka untuk mensupport psikologi sang anak,” katanya.
Selain itu, orangtua juga bisa lebih kenal dengan tempat si anak menimba ilmu dan dapat bertukar informasi soal perkembangan siswa dengan guru.



“Orangtua juga bisa menilai, memberi masukan ataupun meminta informasi dari pihak sekolah tentang perkembangan anak, begitu pula sebaliknya, sekolah juga bisa komunikasi dengan orangtua siswa untuk bisa mengoptimalkan proses belajar mengajar nantinya. Ini positif buat semua, karena sekolah, orang tua dan murid adalah satu kesatuan untuk kesuksesan dalam belajar mengajar,” paparnya lagi.
Karenanya, pendorong Gerakan Lindungi Anak dan Wanita ini sangat mensupport ajakan Anis Bawedan tersebut. Terlebih hal itu bakal berdampak bagi si anak dalam perkembangannya kelak.



“Saya sangat mendukung, kebijakan yang terlihat sepele tapi berdampak besar dan dahsyat di belakangnya nanti. Faktor psikologis anak akan menentukan kesuksesan si anak dalam menghadapi masa depannya,” imbuhnya. [foto : dokumentasi/teks : denim]