Bolehkan Mengganti Doa Qunut?

MENGGANTI DOA QUNUT
Assalamualaikum Wr Wb
Pak ustad, saya ingin bertanya, kalau doa qunut tidak hafal apakah boleh diganti dengan doa yang lain ? terima kasih
Wa’alaikumsalam Wr Wb

Waalaikumsalam Wr Wb
Doa qunut yang selama ini kita dengar yang dibaca para imam di saat quut atau qunut witir sebenarnya berasal dari riwayat Hasan bin Ali, beliau mengatakan, “Rasulullah mengajarkankubeberapa kalimat yang aku bacakan di waktu pada shalat witir, Allahummah dini fiman hadaita,,,” (HR. Abu Dawud, shahih menurut Syaikh Al-Albani).
Sebagian ulama membolehkan menambah doa tersebut bahkan mengganti secara keseluruhan dari doa yang disampaikan oleh Hasan tersebut dengan doa yang lain. Karena qunut sendiri secara bahasa artinya doa, sedangkan menurut isitlah syariahnya qunut adalah doa di dalam shalat pada posisi khusus dari berdiri.

Imam Nawawi mengatakan dalam al-Adzkar an-Nawaiyah (hlm.61), “Ketahuilah bahwa doa dalam qunut tidak ada redaksi doa khusus menurut madzhab yang paling kuat.
Doa apa saja yang dibaca maka disebut doa qunut, walaupun qunutnya membaca ayat- ayat dari Al Qur’an, karena ayat tersebut juga mengandung doa, tetapi yang paling b aik (afdhal) adalah membaca doa qunut sesuai dengan yang ada dalam sunnah (hadist Nabi yang diajarkan kepada Hasan bin Ali), tetapi sebagian ulama madzab kami (Syafi’iyah) mengharuskan doa khusus dan tidak boleh diganti dengan doa yang lain”
Wallahu A'lam Bissawab, Wassalamualaikum Wr Wb...

DIMAS COKRO PAMUNGKAS
Ketua Majlis Dzikir Qurrota A'yun Jombang
Ketua Qurrota A'yun Psychology Consultant Jombang
Ketua Pagar Nusa NU Peguron Sapujagad Jombang
Pertanyaan silahkan dismskan ke: 081559551234
atau ke email dimascokropamungkas@gmail.com,
Sertakan biodata Anda (minimal nama & alamat)
Semoga belajar bersama ini bermanfaat bagi kita,
Aamiin...