Apa Hukum Memakan Daging Marmut?

APAKAH MARMUT HALAL?
Assalamualikum Wr Wb
Pak ustad, saya Adi, mau tanya apakah hewan marmut itu halal untuk dikonsumsi?

Wa’alaikumsalam Wr Wb
Marmut halal dimakan, sebab tidak ada ayat maupun hadist yang melarang, karena prinsip dalam hal makanan dan minuman semuanya halal samapi kemudian ada dalil yang mengharamkannya (dari Al Qur’an, hadist maupun dalil/ alasan lainnya).
Dari Abi Darda bahwa Nabi pernah bersabda:
“Apa yang dihalalkan oleh Allah maka ianya halal dan apa yang diharamkan maka ianya haran dan apa- apa yang didiamkan tentangnya maka ianya dimaafkan. Maka terimalah apa yang dimaafkan oleh Allah karena sesungguhnya Allah tidak akan pernah lupa sesuatu.” (HR. Bazzar dan Tabrani, shahih menurut Syaikh Al-Albani).

Diantara penyebab haramnya makanan, antara lain:
Pertama, Berbahaya, Rasulullah bersabda, “Tidak boleh membahayakan diri sendiri dan tidak boleh membahayakan orang lain (HR. Ibnu Majah, Shahih menurut Syaikh Al-Albani).

Kedua, najis. Nabi ditanya tentang lemak yang kejatuhan tikus, maka beliau bersabda: “Buanglah tikusnya dan buang juga lemak yang berada di sekitarnya lalu makanlah lemak kalian.” (HR. Bukhari)

Ketiga, memabukkan dan menghilangkan akal. Rasulullah bersabda, “Setiap memabukkan adalah haram.” (HR. Bukhari)

Keempat, menjijikkan menurut fitrah semua manusia, seperti kutu, kecoa, kotoran dan lainnya.


Kelima, diharamkan langsung oleh Allah dan Rasul-Nya dalam Al Qur’an dan hadist, seperti: Haramnya babi, bangkai dan lainnya. Allah berfirman, “Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barang siapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) seddang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Baqarah : 173).

Wallahu A'lam Bissawab, Wassalamualaikum Wr Wb...
DIMAS COKRO PAMUNGKAS
Ketua Majlis Dzikir Qurrota A'yun Jombang
Ketua Qurrota A'yun Psychology Consultant Jombang
Ketua Pagar Nusa NU Peguron Sapujagad Jombang
Pertanyaan silahkan dismskan ke: 081559551234
atau ke email dimascokropamungkas@gmail.com,
Sertakan biodata Anda (minimal nama & alamat)
Semoga belajar bersama ini bermanfaat bagi kita,
Aamiin...